Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari 4K Playstation 4 Pro

Meskipun PS 5 sudah tersedia, PS4 Pro masih menjadi primadona sebagai pendamping yang sangat baik untuk TV HDR 4K.

Ini adalah mesin game yang luar biasa dan kuat – terutama untuk harganya – dan memiliki perpustakaan berisi 1.000 game yang bisa Anda pilih.

Jadi, jika Anda berencana membelinya untuk hadiah Natal, berikut adalah beberapa tips dan trik terbaik untuk membuat pengalaman bermain Anda menjadi jauh lebih baik.

Cara Mentransfer Game, Menyimpan File dan Profil dari PS4 Lama

Jika Anda sudah meningkatkan ke PS4 Pro dari PS4 asli atau generasi kedua, Anda dapat langsung mentransfer data penting dari konsol lama ke yang baru. Hal itu termasuk data pengguna dan pengaturan mereka, permainan dan menyimpan file, ditambah screengrabs dan klip video.

Anda memerlukan setidaknya satu kabel Ethernet (LAN) dan kedua mesin dihidupkan pada saat yang bersamaan. Anda juga membutuhkan banyak kesabaran karena proses transfer bisa memakan waktu cukup lama. Terutama jika memiliki banyak permainan yang tersimpan di hard drive.

Salah satu solusi lainnya, Anda bisa mentransfer melalui jaringan rumah nirkabel atau kabel. Namun, jika Anda melakukannya melalui koneksi Wi-Fi dua konsol, Anda masih memerlukan kabel Ethernet untuk menghubungkannya secara langsung, melalui port LAN masing-masing. Jika keduanya sudah tersambung ke jaringan rumah Anda dengan kabel, Anda tidak perlu menghubungkan keduanya lagi.

Bila pengaturan sudah benar dan menyalakannya, masuk ke Jaringan PlayStation di PS4 Pro Anda, perbarui perangkat lunak sistem ke versi terbaru jika perlu, dan pilihlah Pengaturan> Sistem> Transfer Data dari PS4 Lain. Ikuti instruksi dan buatlah secangkir teh (atau minuman lain) untuk diri Anda sendiri sambil menunggu prosesnya selesai.

Cara Memulihkan File Simpanan Anda dari Cloud

Jika Anda adalah anggota PlayStation Plus dan memiliki opsi untuk menyimpan game online yang aktif di PS4 lama Anda, Anda dapat mengunduhnya kembali ke mesin baru untuk melanjutkan. Jika Anda tidak mengaktifkan opsi itu, cobalah membuka Pengaturan> Manajemen Data Aplikasi Tersimpan> Unggah Otomatis di PS4 lama Anda dan klik kotak centang setiap game yang ingin Anda cadangkan ke cloud. Buka juga Pengaturan> Pengaturan Hemat Daya> Atur Fitur yang Tersedia dalam Mode Istirahat dan pastikan kotak centang untuk Tetap Terhubung ke Internet dicentang.

Kemudian mesin konsol akan mencadangkan simpanan Anda secara online dan otomatis, saat PS4 Anda dalam mode tidur.

Untuk mengunduhnya lagi ke PS4 Pro Anda, pilih kembali ke Pengaturan> Manajemen Data Aplikasi Tersimpan, lalu pilih Data Tersimpan di Penyimpanan Online, klik Unduh ke Penyimpanan Sistem dan Anda akan melihat daftar semua gim tersimpan yang tersedia.

Anda dapat mengunduh file setiap game satu per satu, bahkan setiap file penyimpanan terpisah untuk setiap game jika ada beberapa. Tapi demi menambah kecepatan, Anda juga dapat memencet tombol Opsi dan memilih semuanya. Namun perlu Anda ingat bahwa hanya file untuk game yang sudah terinstal pada sistem baru saja yang bisa terunduh. Jika Anda memasang gim setelahnya, Anda harus mengulangi prosesnya.

Cara Memastikan Supaya Mendapatkan Kualitas 4K dan HDR

Mudah-mudahan, PS4 Pro secara otomatis mendeteksi TV HDR 4K Anda saat pertama kali booting. tapi jika tidak, Anda dapat memeriksa pengaturannya sendiri.

Bukalah Pengaturan> Suara dan Layar> Pengaturan Output Video. Di sini Anda dapat mengatur resolusi atau membiarkannya begitu saja pada Pengatruan Otomatis untuk beradaptasi berdasarkan gamenya. Anda juga dapat mengatur ukuran layar Anda. Dan mengoptimalkan tampilannya dalam mode 3D, Rentang RGB (meskipun yang terbaik membiarkanya tetap Otomatis), HDR dan Output Warna Dalam. Biarkan dua yang terakhir jadikan Otomatis.

Anda juga dapat memeriksa performa TV dan format output di bawah Informasi Output Video.

Cara Menyalakan TV Anda secara Otomatis

Ini merupakan salah satu fitur keren. Jika Anda memiliki TV yang kompatibel, Anda bisa menyalakan PS4 dan bahkan beralih ke sumber yang benar saat Anda memulai konsol. Bukalah Pengaturan> Sistem dan pastikan bahwa kotak centang untuk Aktifkan Tautan Perangkat HDMI sudah tercentang.

Cara Mengupgrade Hard Drive Menjadi 2TB atau Lebih

Seperti semua model PlayStation 4 lainnya, Anda dapat mengupgrade hard drive internal di PS4 Pro untuk memanfaatkan ruang penyimpanan yang lebih besar atau akses yang lebih cepat (menggunakan solid state drive, misalnya).

Kami menguraikan langkah-langkahnya di sini, yang umum untuk semua PlayStation 4. Tapi Anda akan menemukan drive PS4 Pro tersembunyi di bawah penutup di sisi kanan belakang mesin.

Hal yang paling perlu Anda ingat saat membeli hard disk baru untuk konsol baru adalah bahwa hard disk tersebut tidak hanya harus berupa HDD 2,5 inci, tapi kedalamannya tidak boleh lebih dari 9,5 mm. Banyak drive 2,5 inci terlalu gemuk untuk bisa masuk ke dalam caddy.

Setelah Anda menukar drive, Anda perlu menginstal ulang perangkat lunak sistem terbaru melalui USB. Unduh perangkat lunak lengkap (bukan edisi pembaruan) di sini, yang bisa Anda temukan di bawah “Lakukan penginstalan baru perangkat lunak sistem”. Masukkan ke drive USB di folder PS4> UPDATE dan masukkan ke PS4 Pro saat diminta.

Anda juga dapat menambah ruang penyimpanan melalui penggunaan hard drive USB 3.0 eksternal dengan kapasitas hingga 8TB. Drive, seperti Seagate Game Drive edisi PS4, dapat Anda colokkan ke salah satu port USB yang tersedia di konsol. Tetapi mungkin harus memformatnya sebelum bisa Anda gunakan.

Colokkan, lalu pilihlah Pengaturan> Perangkat> Perangkat Penyimpanan USB, pilih drive eksternal dan pilih “Format as Extended Storage”.

Jika Anda ingin menggunakan drive eksternal sebagai default untuk instalasi game, Anda perlu meilih Pengaturan> Penyimpanan, tekan tombol Opsi lalu pilih Lokasi Pemasangan Aplikasi> Perluasan Penyimpanan.